Monday, June 30, 2008

Intranet Di Kecamatan Tirtomoyo


Warga Kecamatgan Tirtomoyo "berencana" membangun jaringan intranet di daerahnya. Jika kita akses ke blog tirtomoyo maka pada halaman awal akan kelihatan gambar jaringan intranet seperti yang terlihat pada gambar sebelah. Dari gambar tersebut nampaknya yang akan digabungkan melalui jaringan intranet adalah 13 sekolah dengan "backbone" (mungkin sebagai gateway ke internet) di kecamatan, artinya dunia pendidikan di Tirtomoyo bakal melek internet di 13 sekolah yang ada disana tersebut. Tirtomoyo adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Wonogiri yang letaknya dibagian selatan. Era tahun delapan puluhan disana ada armada bus yang cukup terkenal yakni Bus Wasis selain itu dahulu juga ada perajin batik yang cukup terkenal di daerah tersebut, disana juga banyak daerah wisata yang lumayan terkenal. Saat ini komunitas warga tirtomoyo sudah sering berinteraksi melalui internet, berawal dari komunikasi sesama warga Wonogiri di situs www.wonogiri.org berlanjut di http://tirtomoyo.blogspot.com dan http://tirtomoyo.wonogiri.org.

Siapa tahu ini menjadi triger bagi kecamatan lainnya. (nggih nopo mboten?)

Semoga pemerintah dapat segera mewujudkan cita-citanya untuk menduniakan internet di dunia pendidikan seperti yang pernah di "iklan" kan di Televisi beberapa waktu lalu, agar dunia pendidikan di Indonesia dapat berkembang lebih cepat.

1 comment:

Anonymous said...

terima kasih atas respon dari admin kecamatan giritontro, semoga ini dapat memberi inspirasi birokrasi di wonogiri untuk tidak omong doang tp harus & mau tidak mau harus mengaktualisasi konsep atau janji yg mereka pernah lontarkan dalam kampanye ataupun renja-rencana kerja serta renstra-rencana strategis yg mereka susun. maju terus TETEP SEMANGAT